Tempat Q mengadu

Senin, 09 April 2012

Input Output C++

Assalamualaikum wr wb, thanks sobat smua yg masih sering mampir di blog saya, kali ini saya ingin berbagi sedikit tentang pemrograman C++ untuk dasar, karena saya juga masih mencoba coba, dengan menggunakan Software Borland C++ Versi 5.02, langsung aja yuk kita bahas sedikit tentang Input dan Output yang terdapat dalam C++, selamat membaca dan smoga bermanfaat buat smuanya, jngn lupa tinggalkan jejak sobat dengan memberikan komentar ya sobat.



Di ANSI C, operasi input dan output dilakukan dengan menggunakan fungsi-fungsi yang ada di header file stdio.h. contohnya untuk input dan output ke layar monitor digunakan perintah seperti printf, scanf, putch, dsb. Untuk input dan output ke file digunakan perintah seperti fread, fwrite, fputc, dsb.

C++ mempunyai teknik input dan output, yaitu :

Menggunakan stream. Header file untuk input dan output stream adalah iostream.h dan beberapa file lain, seperti strstrea.h, fstream.h, dan constrea.h. Stream adalah suatu logika device (peralatan logika) yang menghasilkan dan menerima informasi atau suatu wadah yang digunakan untuk menampung keluaran dan menampun galiran data. Stream adalah nama umum untuk menampung aliran data (contoh : file, keyboard, mouse), maupun untuk keluaran (contoh : layer, printer). Dalam C++ input berarti membaca dari stream dan output berarti menulis ke stream.


1. Statement Input

Beberapa fungsi / statement input yang dapat digunakan yaitu :
  • Scanf
  • Gets
  • Cin
  • Getch
  • Getche

1.1. Scanf

Digunakan untuk memasukkan berbagai jenis data melalui keyboard.

Contoh Program :



Hasilnya :


1.2. Gets
Digunakan untuk dapat menerima dan memasukkan data string. Sintaknya :

Gets(nama-variabel-array);


1.3. Cin
Dalam C++, perintah cin digunakan untuk menginput suatu nilai dari suatu piranti masukan (keyboard) untuk selanjutnya di proses oleh program. Sintaknya yaitu :

Cin >> variable;

Contoh Program :



Hasilnya :


1.4. Getch
Perintah getch() berfungsi sama seperti cin (perintah input), akan tetapi getch() khusus untuk input berupa karakter. Disamping itu getch() dapat membaca input berupa spasi atau tab sedangkan cin tidak bisa. Fungsi ini juga dapat digunakan apabila tidak diinginkan penekanan enter ketika input data karakter. Sintaknya yaitu :

Variabel = getch();


1.5. Getche
Perintah getche() kegunaannya sama dengan getch(), hanya saja getche() menampilkan/ membaca karakter yang diinputkan, tidak perlu diakhiri dengan menekan tombol enter, dan karakter yang dimasukkan akan ditampilkan ke layar. Fungsi getch() dan getche() sama-sama membutuhkan file header conio.h



2. Statement Output

Beberapa perintah output yang bisa digunakan:

  • Printf
  • Puts
  • Putchar
  • Cout
  • cprintf


2.1 Printf

Digunakan untuk menampilkan hasil yang terformat dengan menggunakan format spesification, seperti yang terlihat pada tabel 1.1




2.2 Puts
Digunakan untuk mencetak string ke layar dimana pencetakan akan diakhiri dengan karakter new line (ke baris baru). Terdapat dalam file header stdio.h.

Contoh Program :



Hasilnya :




2.3 Putchar
Menampilkan sebuah karakter ke layar, pencetakan karakter tidak diakhiri dengan karakter new line, terdapat dalam file header : stdio.h

Contoh Program :



Hasilnya :





2.4 Cout
Dalam C++, perintah cout digunakan untuk menampilkan suatu informasi ke piranti output (layar). Berikut ini perintah-perintah tambahan untuk mengatur tampilan output.
  • endl Perintah ini berfungsi sama dengan \n (ganti baris)
  • setw()Perintah ini digunakan untuk mengatur lebar tampilan data (rata kanan).
  • setfill() Perintah setfill() digunakan untuk menambahkan suatu karakter tertentu pada field yang kosong pada suatu data.
Perintah-perintah tambahan pada cout diatas memerlukan file header iomanip.h supaya dapat digunakan

2.5 Cprintf
Memiliki fungsi yang mirip dengan printf, hanya saja cprintf dapat menampilkan warna, dan juga terdapat dalam file header stdio.h.

Contoh Program :


Hasilnya :




Nah cukup dulu, posting kali ini smoga dapat bermanfaat dan mampir lg di lain waktu ya sobat, silahkan dicoba,, jngn lupa tinggalkan jejak, dengan memberikan sbuah komentar buat artikel ini ya sobat, thanks for visit my blog.
wassalamualaikum wr wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar