Tempat Q mengadu

Selasa, 27 Oktober 2009

Klasifikasi Sistem

Nama : Abdul Karim

NIM : 07032024

MK : Pengantar Sistem Informasi

1. Aplikasi Calculator disbut system informasi. Menurut pendapat saya aplikasi kalkulator merupakan system informasi. Karena kalkulator sekumpulan hardware, software, brainware, yang diorganisasikan secara integral untuk mengolah data menjadi informasi yang bermanfaat guna memecahkan masalah dan pengambilan keputusan yang benar.

*** KLASIFIKASI SISTEM ***

Sistem dapat diklaisfikasikan dari bebrapa sudut pandang sebagai berikut:

1. Sistem Abstrak dan Sistem Fisik

- Sistem Abstrak (Abstack System) system yang berupa ide-ide atau gagasan yang tidak tampak secara fisik. Contohnya : System Tiologia yang merupakan sustu system yang menggambarkan hubungan manusia dengan tuhannya.

- Sistem Fisik (Fhisical System ) system yang ada secara fisik sehingga setiap mahluk dapat melihatnya. Contohnya : System Komputer, Sistem Akutansi dan lain-lain.

2. Sistem Alamia dan Sistem Buatan Manusia

- System Alamia (Natural System) System yang terjadi melalui proses alam tidak butan manusia. Contohnya : Sistem Tata Surya, Sistem Galaxi dan lain-lain.

- Sistem buatan Manusia (Human Made System) Sistem yang dirancang manusia, system yang melibatkan interaksi manusia dengan mesin disebut Human Machin Sistem. Contohya system Informasi

3. System Tertentu dan Tak Tentu

- SistemTertentu(Deterministic System) beroperasi dengan tingkahlaku yang dapatdiprediksi. Interaksi bagian bagiannya dapat dideteksi dengan pasties hingga keluaran dari system dapat diramalkan. Contoh: SistemKomputer.

- SistemTakTentu (Probabilistic System) Sistem yang kondisi masa depannya tidak dapat diprediksi karena mengandung unsure probabilitas. Contoh: Sistem Manusia

4. System Tertutup dan System Terbuka

- SistemTertutup (Close System) Sistem yang tidak berhubungan dan tidak terpengaruh dengan system luarnya. Bekerja secara otomatis tanpa adanya turut campur tangan dari pihak. Secara teoritis system tersebut ada, tetapi kenyataannya tidak ada sistem yang benar-benar tertutup, yang ada relatively closed system. Contohnya : Secara relative tertutup, tidak benar-benar tertutup.

- Sistem Terbuka (Open System) system yang berhubungan dan terpengaruh dengan lingkungan luarnya. Disebut dengan system terotomasi yang merupakan bagian dari sistem buatan manusia dan berinteraksi dengan control oleh satu atau lebih computer sebagai bagian dari system yang digunakan masyarakat modern.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar