Tempat Q mengadu

Sabtu, 10 Maret 2012

Latihan Algoritma Dalam Kehidupan

Pada postingan kali ini saya  akan membahas tentang latihan untuk memperdalam tentang Algoritma dan masih mengenai tentang ember. Dalam literature klasik masih terdapat persoalan tentang air yang dinamakan water jug problem. Misalnya anda mempunyai dua buah ember masing-masing bervolume 5 liter dan 3 liter, anda diminta  mendapatkan air dari sebuah sungai sebanyak 4 liter dengan hanya menggunakan bantuan dua ember tersebut ( tidak ada peralatan lainnya yang tersedia, hanya kedua ember itu saja yang ada).
Silahkan anda buat Algoritma masalah tersebut?











Penyelesaiannya:
Masalah ini masih banyak kemungkinan penyelasaiannya. Salah satunya diditulis dalam algoritma berikut ini:

Algoritma mendapatkan air 4 liter.
  1. Isi penuh ember tiga liter dengan air( ember 3 liter terisi penuh dengan air 3 liter).
  2. Tuangkan air tiga liter tersebut ke ember 5 liter. {ember 5 liter terisi 3 liter air}
  3. Ambail sekali lagi air dengan ember tiga liter ( penuh)
  4. Tuangkan air dari ember tiga liter ke ember 5 liter yang sudah terisi tiga liter air sampai     penuh. {jadi isi ember tiga liter adalah 1 liter}
  5. Buang seluruh isi air dalam ember 5 liter.
  6. Tuangkan isi air dari ember tiga liter ke ember 5 liter{ ember lima liter terisi air 1 liter}
  7. Ambil kembali air dengan ember tiga liter(penuh) dari sungai.
  8. Tuangkan seluruh isi dari ember tiga liter ke ember 5 liter. { jadi ember 5 liter terisi air sebanyak 4 liter}.
Ternyata llumayan repot mendapatkan air 4 liter. Mungkin anda mempunyai algoritma yang lain untuk mendapatkan air 4 liter. Dari algoritma diatas saya tulis juga komentar dalam tanda kurung kurawal yang itu sangat penting dalam penulisan suatu algoritma. Tentang pentingnya komen dalam kurung kurawal tersebut akan saya bahas pada postingan yang akan dating.

Gimana sudah paham belum tentang algoritma yang saya kasih tahu melalui contoh dalam kehidupan. Jika ada yang ingin menanyakan jangan sungkan ya? Siapa tahu saya bias menjawabnya, kalau saya tidak bias ya maklum aja ya hehehe…. Tapi saya akan berusaha mencari jawaban dari buku-buku algoritma saya. Culup sekian posting saya hari ini tunggu postingan berikutnya ya???

Tidak ada komentar:

Posting Komentar